Sabtu, 14 Januari 2012

Semangat hidup kalau punya obsesi

Dulu aku punya nenek yang cinta berat sama sinetron Cinta Fitri. Tiap kali udah sampe jamnya, waktu nginep dirumah pasti minta pindahin chanel ke Cinta Fitri. Mama cuma biarin aja. Pas ditanyain kenapa si nenek suka banget sama sinetron, dia cuma bilang,
"Biar beliau punya semangat hidup. Kan kalo tiap malem ada yang ditungguin, hidup jadi semangat. Sama tuh kaya tiap minggu kamu nangkring di Indosiar nunggu Conan,"
Setelah dipikir-pikir, bener juga. Lagian kalo sekarang, enak lo kalo punya obsesi akan sesuatu. Jadi kayak punya tujuan hidup jangka pendek. Jadi bisa ngajarin temen-temen.Kayak akhir-akhir ini, aku terobsesi banget sama bahasa isyarat tunarungu. Itu karena awalnya suka nonton film Orphan yang ada adegan ngomong pake isyarat segala. Gak tau kenapa, tapi emang kelihatannya keren. Aku mikir, berarti orang tunarungu punya tangan terampil yang elastis, bukan elastis macam karet lo.

Minggu sebelumnya aku ngebet banget sama tutu. Tahu kan, rok balet dari kain tule yang ditumpuk-tumpuk sampai rimbun? nah gak tau kenapa, semenjak semua pada rame ngomongin rok, pengen punya tutu. Udah niat bikin kemren, tutu biasa yang gapake dijahit, tapi tetep aja nggak kesanggupan. Karena susah terwujud, obsesi diatas pelan-pelan hilang ditelan bumi.

Pernah juga terobsesi sama kaset-kaset hantu asia. Haunted Changi salah satunya. sampai nyari-nyari film hantu yang dari asia-asiaan. Masalahnya film hantu asia itu dobel serunya. Selain serem setannya, yang main film biasanya juga unyu-unyu. Seiring masuk SMA, udah lumayan kurang suka sama film hantu.


Setelah berhenti suka film hantu, ganti terobsesi dengan Nodame Cantabile. Beli filmnya waktu itu padahal cuma nyoba-nyoba. Di Banjarmasin kagak ada yang jualan, jadi beli online. Pertamanya nyoba beli dua episode aja (aneh kan? Pertama nonton langsung ending), ternyata filmnya seru banget. Tiap hari kalo ada waktu luang musti muter Nodame. Ketawa-ketiwi sendiri, satu rumah gak ada yang boleh ikutan nonton, toh juga pasti gak ngerti.

Jauh sebelum kaset nodame dan hantu asia, aku dan adik-adik suka berat sama film SAW. Anehnya, sampe yang paling kecil yang umur 4 gak takut sama sekali ngeliat adegan-adegan pembunuhannya. Jangankan takut, tutup mata aja dia ogah. Pokoknya kalu satu episode udah habis, pasti lanjut terus sampai hapal susunan ceritanya dari awal sampe ending.

Aku juga pernah terobsesi kreasi kain felt atau kain flanel. Semua-muanya mau dibikin dari kain felt. Sampai rela panas-panasan kepasar kain buat beli flanel. sekarang, gak tau dimana hasilnya gak ada bangkainya.

Kenyataannya, obsesi-obsesi diatas pasti muncul tanpa sengaja, tanpa paksaan. Contohnya aja kemaren. Kemaren rasanya sukaaa banget liat orang Balet. Gak tau kenapa kalau liat balet rasanya badan juga jadi ringan, soalnya mereka pada lentur-lentur banget. Awalnya suka liat balet juga gak sengaja, waktu itu rasanya malam Minggu atau malam Senin lupa, waktu lagi yawn mau tidur gak sengaja mencet chanel MetroTV. Pas itu kayak ada acara Balet gitu di satu ballroom mereka masing-masing menari pasang-pasangan enam orang. Terus lagu-lagunya juga kayak di film Nodame, musik orkestra. Yang nari baletnya cantik lagi, blonde-blonde dewasa pakai baju biru-biru. Tutu mereka bukan yang tinggi kayak tutu anak-anak, punya mereka selutut, dan lebih ringan walopun tumpukannya tebal. Hehe, sampai detil banget kan merhatiinnya, namanya juga suka.

Selain terobsesi sama hal-hal berbau hobi di atas, mungkin kita juga sering terobsesi sama orang. Obsesiku tentu aja YUI, dari dulu sampe sekarang gak akan pernah berhenti. Tapi, mungkin juga bukan seorang artis yang kita obsesikan. Mungkin kamu naksir seseorang, secara alamiah kamu pasti seneng teropongin dia dimana aja kapan aja mata kita bisa menemukannya. Obsesi terhadap seseorang bagiku juga merupakan semangat hidup, bahkan mungkin lebih tinggi. Kita secara otomatis pasti selalu penasarn terhadap orang yang kita khususkan, gak jarang dengan menelitinya sedemikian rupa, gak cukup satu hari. Rasa penasaran itu mendorong kuat kita untuk mempertahankan semangat hidup. Juga, pasti beda aja kan rasanya kalo kita lagi ngeliati seseorang yang kita suka, bukan cuma semangat, rasa deg-degan yang nyiksa juga pasti jadi motivasi kita melakukannya. Kalau saranku, kita gak usah takut terobsesi terhadap sesuatu. Asalkan nih-- ASALKAN--kita tahu obsesi mana yang baik buat dipertahankan dan mana yang enggak banget buat dilakukan. Asalkan kita tahu juga batasan sampai mana kita harus terobsesi sama suatu hal, dan sampai mana batasan kita harus berhenti. Yang jelas, seterobsesinya kita pada sesuatu, akan jauh lebih baik kita terobsesi sama hal-hal Islami kan? contohnya aja perjuangan para Nabi dan Rasul yang enggak habis-habis dijadikan panutan seluruh muslim. Pokoknya, pintar-pintar kita memilih sebuah obsesi. Ingat, bagiku disini sebuah Obsesi = tujuan hidup jangka pendek. Maksudnya adalah mungkin hal itu akan membuat kamu terus semangat hidup, paling enggak sampai kamu dapet obsesi baru. Tentu briliant juka tujuan hidup kita selalu berada dijalan yang benar, apalagi jika obsesi kita bisa membuahkan prestasi. Intinya adalah, seterobsesinya kita, jangan pernah terlalu mencintai hal dunia karena cepat-atau lambat, dunia hanya akan tertinggal di dunia.


Zài ji àn ! (Mandarinnya sampai jumpa :3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar